Home  »  DesainInterior   »   Tips mudah mendesain dapur mungil minimalis

Tips mudah mendesain dapur mungil minimalis

By | 2015-08-15
Tips mudah mendesain dapur mungil minimalis

Rumahoscarliving.com – Menata Ruang dapur dalam interior rumah yang mungil dan minimalis memanglah tidak mudah. Salah satu hal penting dalam merancang dapur yang mungil adalah mengusahan untuk mengoptimalkan keterbatasan ruang supaya hasil yang diperoleh optimal.

Dapur yang kecil wajib memberikan kesan ruang yang lebih lapang. Sebaiknya, Anda menggunakan furniture multifungsi seperti meja yang juga dilengkapi dengan rak penyimpanan. Atau bisa juga menggunakan meja dapur sekaligus sebagai meja makan.

Hal penting lain yang wajib untuk diperhatikan adalah pewarnaan ruang dapur. Pilihlah warna – warna yang terang dan cerah. Untuk desain dapur mungil modern, Anda dapat memadukan warna terang dengan warna gelap. Selain itu, plafon sebaiknya dibuat lebih tinggi supaya terkesan lebih lega dan lapang.

Terakhir, yang wajib dipertimbangkan adalah sirkulasi udara di dapur. Alangkah lebih baiknya bila Anda memasang lubang exhaust untuk mengeluarkan asap dari dalam ruangan ini keluar.

Dari konsepnya, sebuah dapur minimalis akan memudahkan Anda untuk merawat dapur supaya selalu bersih, rapi, dan tertata. Desain ini menawarkan keistimewaan dari sisi fungsionalitas untuk para pemilik rumah dalam memanfaatkan dapurnya secara cepat dan praktis.

Pasalnya di ruangan ini aktivitas menyiapkan makanan untuk keluarga dimulai. Hidangan yang sehat untuk keluarga bermula dari proses pengolahan dan persiapan di ruangan ini. Bila ruang dapur berantakan dan kotor, maka kehigienisan makanannya kurang terjamin.

Karena alasan itulah dapur perlu didesain sedemikian rupa supaya tertata dengan cantik dan rapi untuk dipandang. Tetapi, bagaimana cara menata dapur bila ukurannya sempit? Anda tak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa tips untuk mendesain dapur mungil minimalis.

Memilih Material yang Perawatannya Mudah

Gunakan bahan marmer sebagai lapisan meja dapur. Bahan ini tahan terhadap goresan yang mungkin terjadai pada saat memotong makanan menggunakan pisau. Material lainnya adalah meja kaca atau plastik dengan cat berwarna mengkilap untuk menciptakan kesan yang modern. Jenis material ini mudah dibersihkan dan tahan terhadao air.

Untuk dinding dapur di dekat tempat cuci piring, sebaiknya gunakan dinding yang dilapisi dengan keramik dan maermer. Material ini selain memberikan kesan yang modern di dinding juga tahan air dan api serta mudah dibersihkan. Untuk pintu dapur, gunakan bahan aluminium karena bahan ini tahan karat.

Tempat Penyimpanan yang Tepat

Bila dapur sempit, optimalkan tempat penyimpanan untuk memudahkan aktivitas di dapur. Tempatkan rak gantung untuk tempat penyimpanan. Lemari atau cabinet di dapur memang penting, tetapi jangan terlalu banyak bila dapur sempit karena hanya akan membuat ruang semakin sempit.

Peralatan Multifungsi

Pilihlah peralatan yang dapat merangkap dua fungsi sekaligus atau lebih. Hal ini bertujuan supaya interior dapur mungil tidak terkesan berantakan. Anda dapat menggunakan oven sebagai pemanggang roti sekaligus untuk memasak makanan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rumahoscarliving Iconic | Powered by Wordpress