Tips dekorasi interior kantor dari segi FengShui

By | 2015-10-15
4696466197_094cb3a28c_b

https://oscarliving.co.id – Fengshui tidak hanya rumah saja yang perlu diperhatikan, tapi posisi furniture dan letak lokasi di tempat kerja atau kantor juga sangat penting untuk diperhatikan dalam ilmu Feng Shui. Bentuk arsitektur kantor sendiri tersdia dalam berbagai macam pilihan seperti deteached building hingga bangunan high riset  atau berantai tinggi. Meskipun demikian, cara perhitungan untuk arsitektur hampir sama, tepatnya pada saat menata interior kantor.
Mauro dan Lelyana adalah seorang pakar FengShui dan sekaligus pendiri FengShui School Indonesia yang secara khusus menjelaskan secara detail tentang ruangan pimpinan, termasuk ruang untuk Direktur, CEO, dan Manager. Berikut adalah beberapa hal penting Fenshui dalam Interior Kantor.


Arah Sandaran Kursi

Setiap orang mempunyai angka Kua. Rumus untuk pria adalah dua digit terakhir dari tahun lahir – 10. Sedangkan wanita rumusnya adalah dua digit terakhir dari tahun lahir + 5. Kua sendiri dibagi menjadi 2 kelompok yakni Kua Timur dan Kua Barat. Kua Timur adalah 1, 3, 4, dan 9. Arah baik Kua Timur ini adalah Selatan, Utara, Tenggara, dan Timur.
Sementara itu Kua Barat adalah 2, 5, 6, 7, dan 8. Arah baik untuk Kua Barat adalah Barat Laut, Barat, Timur Laut, dan Barat Daya. Perlu ditegaskan bahwa arah baik yang dimaksud adalah arah hadap sandaran bukan untuk arah hadap duduk.


Penempatan Meja

Ketika sudah mendapat arah yang baik, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi meja kerja. Aturan dalam ilmu Feng Shui mengatakan bahwa posisi meja duduk sebaiknya sejauh mungkin dari posisi pintu masuk.
Untuk hal ini, individu sebisa mungkin menghadap ke pintu masuk supaya mengetahui siapa yang keluar dan masuk dari meja kerja. Yang paling penting posisi meja tidak langsung menghadap ke arah pintu masuk.
Kemungkinan yang paling buruk adalah posisi meja membelakangi pintu masuk kantor. Cara mengatasinya, Anda dapat meletakkan cermin pada posisi dinding. Dengan cara ini, pimpinan dapat melihat orang yang keluar masuk lewat cermin tersebut.
Bentuk Meja
Empat persegi panjang merupakan bentuk meja yang paling dianjurkan untuk meja kerja di kantor. Tapi jika Anda menginginkan bentuk meja oval atau bulat, meja tersebut sebaiknya melengkung melindungi Anda. Bentuk meja seperti ini sebenarnya kurang baik untuk orang atau tamu yang datang dan duduk di depan Anda. Karena alasan tersebut, sebaiknya disiapkan meja dan kursi yang khusus digunakan untuk menerima tamu di ruangan tersebut.
Warna Interior
Warna juga memiliki peranan yang cukup penting. Pemilihan warna ruang sebaiknya diperhitungkan berdasarkan Ba Zi yang bersangkutan. Jika seorang individu membutuhkan elemen yang hangat misalnya Api dan Kayu, maka warnanya perlu disesuaikan yaitu kemerahan dan kehijauan. Jika Ba Zi perlu lebih dingin, gunakan elemen bernuansa dingin seperti Air dan Logam.


Dekorasi

Dekorasi dapat dilengkapi dengan lukisan, wallpaper, Water feature, ukiran, atau benda seni yang lain. Setiap unsur dekoratif memiliki tujuan dan makna masing – masing. Contohnya, meletakkan lukisan gunung di dinding sandaran meja kerja dapat memberi kemantapan usaha.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat dekorasi interior kantor menurut Fenshui. Tentunya dengan mengikuti ini akan timbul aura positif dan akan menambah kinerja Karyawan di kantor.

3 thoughts on “Tips dekorasi interior kantor dari segi FengShui

  1. mas teguh

    kira2 bahan baku furniture nya berpengaruh nggak ya buat feng shui nya..thanks jawaban nya..

    Reply
    1. Rii Nov Post author

      Sepertinya tidak, karena fenshui lebih ke visual secara langsung . jadi tidak berpengaruh apa” dengan bahan furniture

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *