Tips dan Ide untuk membuat teras minimalis

By | 2015-10-06
Ide untuk membuat teras minimalis

Sebuah teras rumah adalah bagian yang paling utama di bangunan rumah setelah taman. Teras sering dimanfaatkan sebagai salah satu tempat untuk bersantai yang nyaman, fungsi lainya adalah teras rumah bisa menjadi tempat alternatif untuk menerima tamu. Berbagai jenis fungsi ini menandakan bahwa keberadaan teras rumah memang cukup penting, terutama bagi para penghuni rumah itu sendiri. Namun, kini banyak rumah yang terlihat tidak memiliki teras akibat keterbatasan lahan, jika Anda memiliki lahan yang dapat Anda ubah menjadi sebuah teras maka Anda adalah orang yang beruntung. Nah, oleh itu jika Anda ingin mencari ide atau konsep teras rumah yang kiranya cocok dengan rumah Anda, berikut adalah refrensi yang bisa Anda terapkan di rumah Anda.

Salah satu konsep teras rumah bisa Anda aplikasikan adalah teras yang hidup namun terlihat sederhana dan minimalis. Konsep ini akan sangat cocok untuk rumah bergaya minimalis, karena sebagian besar desain teras rumah yang banyak diterapkan saat ini sangat berbeda dengan desain teras zama dulu. Desain teras rumah zaman dulu tidak terlalu menekankan penggunaan atap teras. Sebagian besar orang zaman dulu lebih menyukai ruangan-ruangan terbuka di rumah. Jadi rumah yang hanya memiliki ruangan terbuka dengan jumlah terbatas, pemiliknya biasanya akan memanfaatkan teras rumah sebagai tambahan area terbuka untuk bersenang-senang. Teras rumah yang terbuka menjadi area yang bersifat pribadi untuk bersenang-senang atau bersantai dengan keluarga. Dengan kata lain, teras rumah bisa menjadi tempat alternatif untuk bersantai setelah tempat-tempat publik seperti kafe dan restoran.

Berikut terdapat beberapa hal yang wajib Anda perhatikan terutama untuk teras rumah Anda:

  • Periksa lantai teras rumahAnda. Anda harus memastikan bahwa lantai teras rumah Anda tidak bermasalah. Bila perlu pilihlah material lantai berupa batu alam untuk teras rumah Anda. sayangya lantai dari batu alam memerlukan perawatan khusus. Jika Anda pesimis dapat merawat lantai batu alam di teras rumah Anda, Anda masih memiliki alternatif jenis lantai teras rumah lainnya yang recommended, yaitu lantai keramik. Lantai jenis ini sangat mudah perawatannya. Pilihan pola dan warnanya pun sangat variatif. Harganya juga lebih terjangkau.
  • Letakan tanaman-tanaman hias di area teras rumah agar teras rumah terlihat semakin ‘hidup’ dan menarik. Nah, untuk menambah keindahan di malam hari, Anda bisa tambahkan lampu yang mengarahkan sorotan cahanya ke tanaman-tanaman tersebut
  • Tambahkan tempat duduk dengan bahan dasar kayu. Atur posisinya sedemikian rupa agar terlihat cocok dengan desain teras rumah. Tempat duduk ini nantinya Anda gunakan untuk bersantai atau juga boleh untuk menerima tamu yang ingin disambut dengan suasana yang santai.

Jangan lupa tambahkan beberapa bantal pada kursi kayu yang ada di teras rumah Anda. sesuaikan tema dan warna sarung bantal tersebut dengan tema bangunan teras rumah Anda. Jika Anda mengusung gaya rustic, sebaiknya Anda pilih warna putih atau warna yang lembut untuk sarung bantal Anda. Akan berbeda nantinya jika Anda mengaplikasikan gaya Bohemiam. Dengan gaya ini Anda boleh bebas menggunakan warna apa saja karena pada dasarnya gaya Bohemiam adalah gaya tata ruang yang random.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *