Souvenir untuk Teman? Sabun Cair Handmade Aja!

By | 2019-09-19
Spa

Oscar living – Apakah rumahmu cenderung menggunakan sabun cair beli? Sabun cair yang dibeli di toko bisa mahal, terutama jika kamu menggunakan sabun yang terbuat dari bahan-bahan alami. Apalagi jika kamu menginginkan sabun dengan tambahan sesuatu yang kamu inginkan. Kenapa tidak membuat sabun cairmu sendiri? Apalagi jika itu bisa kamu berikan sebagai hadiah untuk teman atau keluargamu. Yuk ikuti step-step membuat Souvenir untuk Teman? Sabun Cair Handmade sendiri :

 

source : google.com

1. Pilih satu batang sabun.

Untuk membantu lebih mudah membuat sabun cair buatanmu sendiri, belilah satu sabun batang dengan harum yang kamu sukai atau butuhkan. Contoh : Kamu membutuhkan sabun antibakteri untuk tangan di dapur, belilah sabun batang antibakteri.

 

source : blogspot.com

2.  Parut sabun.

Parut sabun kedalam mangkuk. Gunakan saja parutan keju agar parutannya mudah mencair. Parut sabun hingga kira-kira 300 gram berat parutan. Jika satu sabun tidak cukup, parut sabun keduanya. Atau jika kamu ingin membuat lebih banyak sabun cair, gandakan resep ini.

 

source : tstatic.net

3. Campur dan blender sabun dengan air

Blender sabun dengan air matang. Rebus 1 gelas atau 235 ml air, lalu tuangkan ke dalam blender bersama dengan sabun parut. Blender keduannya hingga air dan sabun konsisten menempel dan tercampur. Jika kamu tidak memiliki blender atau tidak ingin blendermu terkontaminasi, ada cara lain lho. Kamu bisa menuangkan parutan sabun, setelah air mendidih, dan mengaduknya bersama-sama hingga parutan larut.

 

source : nextskin.com

4. Tuang gliserin.

Belilah larutan gliserin. Kamu bisa memesannya di toko online agar tidak menyusahkanmu mencarinya. Tambahkan gliserin ke dalam campuran air dan parutan sabun. Gliserin bertindak sebagai pelembab untuk kulit, membuat sabun cair sedikit lebih lembut di tubuhmu daripada sabun batangan biasa. Inilah yang membedakan sabun cari dengan sabun batang. Campurkan 1 sendok the gliserin, aduk hingga tercampur rata. (Bagai membuat pudding ya? Hehe)

 

source : doktersehat.com

5. Tambahkan bahan yang kamu inginkan.

Sesuaikan dengan bahan tambahan. Di sinilah kamu bisa berkreasi dengan sabun cairmu. Terutama jika sabun batangmu tidak memiliki bau apapun.

Contoh bahan tambahan :

  1. Campur madu atau lotion untuk menambah kelembapan.
  2. Tambahkan 10-20 tetes minyak pohon teh atau minyak esensial lavender untuk membuat sabunmu anti bacterial.
  3. Gunakan pewarna alami untuk mengubah warnanya. Jangan gunakan pewarna sembarang jika tidak ingin sabunmu berbahan kimia.

 

source : hipwee.com

6.  Kocok dengan baik.

Setelah menambahkan bahan yang kamu inginkan, blender sabun cair hingga berbuih. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Jika kamu tidak menggunakan blender, kocok dengan pengocok kue. Jelas pengocok kue membutuhkan tenaga lebih untuk melakukannya.

 

source : cranberrylane.com

7. Tuang sabun ke dalam wadah.

Setelah benar-benar dingin, kamu dapat menuangkannya ke dalam stoples atau botol sabun. Jika kamu memiliki banyak sabun, masukkan apa pun yang tidak muat ke dalam wadah atau botol besar. Simpan sisa sabun untuk digunakan saat mengisi ulang botol-botol kecilmu~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *