Menciptakan rumah tetap dingin tanpa AC

By | 2015-10-07
Menciptakan rumah tetap dingin tanpa AC

Rumahoscarliving.com – Sebagai negera yang dilalui oleh garis khatulistiwa, Indonesia memiliki iklim yang tropis. Iklim ini sangatlah identik dengan hawa yang panas dan juga lembab, hal itu dapat dirasakan, apalagi pada saat siang hari dan pada saat musim kemarau tiba. Suasana yang panas di siang hari tentunya membuat aktivitas dirumah menjadi kurang nyaman, membuat tubuh menjadi kehilangan semangat, dan tentunya kepanasan.

Untuk menjaga agar suasana dirumah hunian tetap nyaman biasanya pemiliki rumah akan menggunakan jalan pintas yaitu menggunakan pendingin ruangan atau AC. Padahal sebenarnya cara seperti ini tidaklah efektif karena pendingin ruangan tidaklah ramah lingkungan dan cukup boros mengkonsumsi daya listrik. Lantas bagaiman cara membuat ruangan agar tetap dingin tetapi tidak menggunakan AC ? Jawabanya Anda dapat temukan dalam artikel ini lebih lanjut lagi…

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh para pemilik rumah untuk menghadapi keadaan seperti ini adalah dengan merancang sistem udara sirkulasi udara yang baik, Anda dapat menghadirkan bukaan – bukaan yang lebih lebar seperti jendela dan pintu. Bukaan untuk sirkulasi udara dan cahaya matahari kurang lebih 20 persen dari luas ruangan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan arah hadap pada bangunan rumah hunian dan juga arah pergerakan angina sebelum Anda mulai mendesain bukaan yang akan dibuat di rumah. Anda sebaiknya mengoptimalkan bukaan pada bagian selatan atau bagian utara rumah sesuai dengan arah datangnya angin.

Jika angin yang datang berasal dari arah selatan, sebaiknya direspon dengan cara memaksimalkan bukaan pada dinding yang terdapat di sepanjang sisi selatan bangunan rumah. Seperti yang telah disebutkan di atas, bukaan dapat berupa jendela kaca massif, pintu, atau pintu kaca lebar geser. Walaupun demikian, apapun jenis bukaan yang digunakan, Anda perlu memastikan bahwa udara dan cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan di dalam rumah Anda dengan leluasa.

Dengan upaya tersebut ruangan akan terasa lebih sejuk dan lega. Bila ruangan – ruangan utama di rumah menghadap kea rah barat atau timur, Anda dapat menyiasati bukaan lebar dengan cara menambah shading. Shading ini akan berperan sebagai penyaring masuknya cahaya matahari ke dalam rumah.

Anda dapat menggunakan secondary skin, roller blind, atau kanopi sebagai solusi untuk menghalau pacaran sinar matahari langsung. Atau cara yang lainnya adalah adalah juga dapat menempatkan pohon atau fitur air untuk menahan cahaya matahari. Fitur air ini dapat berupa kolam atau air terjun buatan. Suara gemericik air pada air terjun buatan selain dapat meredam panas cahaya matahari juga akan membuat rumah hunian terasa lebih sejuk dan segar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *