Mana yang Lebih Sehat Kipas Angin atau AC?

By | 2018-07-23

www.oscarliving.co.id – Hawa panas kerap membuat kita gerah. Apalagi jika Indonesia sedang dalam masa kemarau. Panasnya tidak akan terelakkan Pastinya kita membutuhkan alat-alat seperti kipas angin maupun AC untuk menghilangkan rasa gerah yang menempel di kulit. Nah menurut anda manakah yang lebih sehat Kipas angin atau AC?

Pertama-tama, mari kita bahas kelebihan dari kegunaan dua alat ini terlebih dahulu. Kipas angin jelas jauh lebih unggul dalam menghemat penggunaan listrik dibandingkan AC. Seperti ini kira-kira hitungannya :

  1. Harga tagihan listik AC yang menggunakan daya  550 watt dengan penggunaan kira-kira 12 jam sehari yaitu sekitar 450 ribu rupiah untuk bulanannya.
  2. Harga tagihan listrik kipas angin yang menggunakan daya  75 watt dengan penggunaan kira-kira 24 jam sehari yaitu sekitar 150 ribu rupiah untuk bulanannya.

Nah kesimpulan diatas sudah jelas menunjukan bahwa kipas angin jauh lebih murah dibandingkan AC. Makannya ngak heran harga tagihan listrik jelas jauh berbeda dengan rumah yang memiliki AC. Tagihan listrik rumah dangan AC kerap membengkak bukan?

Kipas angin dan AC walaupun sama-sama memberikan rasa sejuk, jelas memberikan dampak yang berbeda. AC memanglah sangat cepat membuat kita merasa sejuk. Hanya saja AC adalah udara dingin yang kering jadinya tak heran cairan dalam tubuhmu sedikit demi sedikit diserap. Maka dari itu janganlah terlalu lama di dalam AC dan gunakan pelembab gar kulit tidak cepat mongering. Berbeda dengan kipas angin, kipas angin tidak akan menyerap cairan. Hanya saja kipas angin jelas tidak akan sedingin AC.

Memang kipas angin lebih sehat dibandingkan AC tetapi itu jika kamu membuka ruangmu. Jika kamu tidak membuka ruang, maka ruanganmu akan tetap terasa pengap. Kipas angin hanya memutarkan udara dalam ruangan. Karena itu ruangan terasa pengap karena udara CO2 yang keluar dari tubuh terus diputarkan oleh kipas. Apalagi jika kamu terlalu lama dan terlalu dekat dengan kipas, itu hanya akan membuat perutmu kembung. Sama hal nya dengan AC, AC hanya memutarkan udara dari yang panas menjadi dingin. Makanya lebih baik jangan biarkan dirimu atau anakmu tidur dalam satu ruangan dengan keluarga yang sedang sakit. Udara CO2 yang dikeluarkan memiliki virus penyakit yang dapat ditularkan akibat AC. Inilah penyebab mengapa anda bisa tertular penyakit.

Nah sekarang apakah anda mengerti perbedaan kegunaan AC dan kipas angin?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *