Ini yang harus diperhatikan ketika membuat kolam ikan

By | 2016-01-17
Ini yang harus diperhatikan ketika membuat kolam ikan

Oscarliving.co.id – Sebuah kolam ikan merupakan  elemen yang berperan penting dalam membangun suasana taman atau rumah. Banyak sekali pemilik rumah yang memilih membangun taman sekaligus kolam ikan untuk menciptakan suasana damai pada sebuah rumah.
Ada banyak sekali nilai plus memiliki kolam ikan di rumah selain menambah keindahan taman atau halaman. Kolam ikan dapat digunakan sebagai sarana rekreasi di dalam rumah untuk melepas penat setelah bekerja. Melihat air dengan ikan berwarna-warni bisa membuat otak menjadi segar dan fresh kembali.

Berikut adalah tips membangun kolam ikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan

Menentukan tempat

Langkah pertama sebelum membangun kolam ikan adalah menentukan tempat yang tepat. Kolam ikan harus mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup agar ikan yang hidup di dalamnya sehat dan tidak cepat mati. Namun Anda juga harus menghindari tempat yang terlalu banyak mendapatkan paparan sinar matahari yang berlebihan karena bisa membuat air menjadi hangat. Air yang hangat tidak disukai oleh ikan. Pemilihan tempat yang tidak tepat juga akan membuat kolam cepat keruh dan berwarna hijau karena pertumbuhan lumut dan alga. Sebaiknya bangun kolam ikan dibawah pepohonan yang memungkinkan cahaya matahari bisa masuk di celah-celahnya. Ikan lebih menyukai kolam ikan yang teduh dengan dipenuhi pepohonan rindang.

Kedalaman kolam

Kedalaman kolam juga harus disesuaikan dengan ikan yang hidup di dalamnya. Jika Anda ingin memelihara ikan yang berukuran kecil seperti ikan ranchu, maka kedalaman kolam yang disarankan adalah 30 – 40 cm. Namun jika Anda ingin memelihara ikan berukuran besar seperti ikan koi, maka kedalaman minimum kolam sekitar 80 cm. Ikan koi membutuhkan kolam dengan kedalaman yang cukup agar ia bisa bergerak vertikal ke atas dan ke bawah.

Volume air

Volume air adalah hal penting yang harus diperhatikan. Sesuaikan volume air dengan banyaknya jumlah ikan. Jika volume air tidak sebanding dengan jumlah ikan, maka ikan akan kekurangan oksigen dan bisa menyebabkan air mudah keruh.

Gunakan filter air

Kotoran, urine ikan, sisa makanan dan lumut bisa menyebabkan air mudah kotor dan tidak berkualitas. Air yang bersih adalah salah satu kunci tips membangun kolam ikan. Agar ikan tidak cepat mati, maka kualitas air harus tetap dijaga. Caranya adalah dengan menggunakan filter air. Dengan adanya filter air, air di dalam kolam akan melewati filter yang berlapis-lapis sehingga air kolam tetap jernih dalam jangka waktu yang lama. Untuk menghilangkan bau amis pada air, Anda bisa menambahkan arang pada filter.

Asupan oksigen

Agar oksigen di dalam air tetap terjaga, maka air kolam harus tetap mengalir dan bergerak. Air yang terus bergerak akan menghasilkan oksigen yang diperlukan ikan untuk bernafas. Anda bisa menggunakan pompa rendam yang bekerja untuk memutar dan mendorong air melewati filter. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aerator yang ditempatkan di dasar kolam untuk menghasilkan oksigen dari gelembung-gelembung udara.

Tanaman air

Tanaman air juga merupakan elemen penting pada kolam. Jenis ikan tertentu membutuhkan tanaman air untuk menyimpan telur-telurnya. Namun agar kualitas air kolam tetap terjaga, sebaiknya jangan meletakkan tanaman hias air yang berlebihan karena akan menyulitkan dalam perawatan kolam.

Dan itulah beberapa hal penting sebelum Anda membuat kolam ikan, semoga beruntung!

One thought on “Ini yang harus diperhatikan ketika membuat kolam ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *