7 Tips Mensiasati Ruangan yang Terlalu Luas

By | 2017-11-20
decorations

Oscar Living – Ruangan luas mampu membuat kita bingung bagaimana untuk menatanya. Akan tetepi ruangan yang luas memiliki nilai plus, semakin luas ruangan maka semakin kita bisa memaksimal menatanya. Nah bagaiman untuk menatanya? Mari kami bantu memberikan tipsnya.

1. ‘Rendahkan’ Langit-langit dengan Ilusi Warna

Langkah pertama sebelum mengisi ruangan dengan furniture, adalah warnai dengan cat atau pasang wallpaper dengan dua warna. Selain menjadikan ruangan tidak monoton, dinding dengan dua kombinasi warna, terutama warna gelap, dapat memberi kesan rendah pada langit-langit tinggi. Pilihlah kombinasi warna yang harmonis dengan keseluruhan tema ruangan, namun jangan ragu berkreasi dengan warna yang kontras atau mencolok.

2. Hidupkan Dinding dengan Dekorasi

Jangan biarkan dinding dalam keadaan kosong. Isilah dinding dengan dekorasi seperti lukisan, foto, rak dinding, jam, lampu, tanaman hias, wall sticker, dan lain-lain. Peletakkan atau penggantungan dekorasi yang cenderung rendah juga dapat memberikan kesan langit-langit ruangan yang rendah. Untuk kamar tidur, Anda dapat memilih headboard ranjang yang besar. Hindari pemasangan kaca berukuran besar karena justru dapat menambahkan efek luas pada ruangan.

3. Belah Ruangan dengan Partisi

Partisi mempermudah Anda untuk membagi area yang terlalu luas menjadi beberapa bagian sekaligus memberi tambahan privasi. Partisi bisa berupa apa saja asal mampu menutupi sebagian ruangan, contohnya rak penyimpanan, lemari, sofa, pemisah ruangan yang dapat dilipat, susunan kayu, tirai, atau bahkan selembar kain yang digantung.

4. Pilih Furniture Berukuran Panjang

Maksimalkan luas ruangan dengan memilih furniture dengan ukuran ekstra. Untuk ruang keluarga contohnya, pilih sofa 3 seater atau sofa berbentu L yang dapat mengisi ruangan lebih cepat. Kombinasikan dengan single sofa, kursi, ottoman, atau coffee table sebagai aksen.

5. Beri Jarak Antara Furniture dengan Dinding

Pada ruangan berukuran kecil memang sebaiknya furniture diletakkan menempel pada dinding agar masih ada area kosong sehingga ruangan terkesan lapang. Sementara pada ruangan yang  terlalu luas bisa disiasati dengan peletakan furniture berjarak sekitar 500 Cm hingga 1 Meter dari dinding. Tidak perlu takut memanfaatkan bagian tengah ruangan. Anda juga dapat meletakkan furniture secara miring tanpa harus sejajar dengan sisi dinding.

6. Tambahkan Layer Pada Ruangan

Ruangan yang terlalu luas berpotensi memantulkan suara, namun hal ini bisa diminimalisir dengan memasang karpet atau tirai dengan bahan yang agak tebal. Selain mengurangi kedua masalah tersebut, penambahan layer kain pada ruangan yang luas dapat menciptakan kesan lebih penuh namun nyaman.

7. Tanaman Hijau untuk Tampilan Asri

Sebagai sentuhan terakhir, Anda dapat memasukan unsur alam dengan menghadirkan tanaman hijau. Pilih tanaman tinggi yang rimbun atau berdaun lebar, sehingga langit-langit yang tinggi dan ruangan yang luas dapat terkesan lebih berisi. Jika ingin meletakkan lebih dari satu tanaman, perhatikan posisi antar tanaman dan juga antar furniture. Usahakan agar tanaman diletakkan di beberapa titik yang berjauhan dan disesuaikan dengan kerapatan furniture sekitar agar tidak terlalu ramai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *